Top5
Jasa Review

5 Istana Keprisidenan di Indonesia

1. Istana Cipanas
7 Istana Keprisidenan di Indonesia
Istana ini terletak di kaki Gunung Gede di desa Cipanas. Istana ini diperuntukan untuk tempat peristirahatan presiden seperti halnya Camp David di AS. Istana ini dilengkapi kebun dan taman yang indah seluas 22 hektar. Peristiwa penting di Istana ini adalah berlangsungnya sidang kabinet yang dipimpin oleh Presiden Soekarno pada Desember 1965, yang menetapkan perubahan nilai uang dari Rp 1.000,- menjadi Rp 1,-. Di Istana ini disimpan koleksi lukisan dan ukiran karya seniman terkenal seperti Basuki Abdullah dan Lee Man Fong. Istana ini awalnya dibangun untuk kediaman pengusaha Belanda.

2. Gedung Agung, Yogyakarta
7 Istana Keprisidenan di Indonesia
Istana ini terletak di pusat kota Yogyakarta tepatnya di ujung jalan Maliboro. Gedung Agung awalnya dibangun untuk residen Yogyakarta, arsiteknya A. Payen, pada tahun 1869. Gedung ini menjadi saksi sejarah ketika Bung Karno berkantor di situ saat masa Republik, di gedung ini pula Jendral Sudirman dilantik. Saat ini Gedung Agung menjadi kantor dan kediaman resmi Presiden saat di Yogyakarta. Di depan gedung ini terdapat patung penjaga dari batu Andesit yang mengawasi istana ini dengan setia.

3. Istana Negara, Jakarta
7 Istana Keprisidenan di Indonesia
Sebelum membingungkan, di kompleks Istana Presiden Jakarta terdapat dua buah Istana yaitu Istana Negara dan Istana Merdeka. Istana negara merupakan bangunan yang lebih tua. Istana ini menghadap Ciliwung (Jl. Veteran) dan dibangun pada awalnya tahun 1796-1804 sebagai rumah peristirahatan seorang pengusaha Belanda. Istana ini kemudian digunakan pemerintah Hindia Belanda untuk dewan koloni. Istana ini kemudian disebut Istana Rijswik. Istana ini sekarang digunakan hanya untuk seremonial saja. Berarsitektur Yunani Kuno, bangunan ini dipugar untuk berkesan lebih resmi.

4. Istana Merdeka, Jakarta
7 Istana Keprisidenan di Indonesia
Di kompleks yang sama dengan Istana Negara, Istana ini pertama kali disebut Istana Gambir. Istana dengan luas sekitar 2.400 m² ini dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal J.W Van lansberge tahun 1873 dalam kaveling yang sama dengan Istana Rijswijk yang mulai sesak. Istana Merdeka menjadi saksi pengakuan kedaulatan RIS pada tahun 1949. Istana ini hanya didiami oleh Soekarno, Abdurahman Wahid dan Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden Seoharto lebih senang tinggal di kediamannya di Jalan Cendana, Menteng. Kini Istana ini hanya digunakan untuk seremonial karena Presiden lebih sering berkantor di Bina Graha di kompleks yang sama.

5. Istana Bogor
7 Istana Keprisidenan di Indonesia
Istana Bogor menurut saya merupakan istana paling indah di antara istana kepresidenan yang lain. Istana ini dulunya disebut Buitenzorg, Istana Bogor dibangun pada bulan Agustus 1744 dan berbentuk tingkat tiga, pada awalnya merupakan sebuah rumah peristirahatan, ia sendiri yang membuat sketsa dan membangunnya dari tahun 1745-1750, mencontoh arsitektur Blehheim Palace, kediaman Duke Malborough, dekat kota Oxford di Inggris. Istana ini terus mengalami perubahan setiap perubahan gubernur jendral.

Malang istana ini pernah rusak berat akibat gempa 1834. Dibangun kembali pada tahun 1850 dan pada tahun 1870 menjadi kediaman resmi gubernur Hindia Belanda. Setelah kemerdekaan istana ini sering digunakan untuk kegiatan kenegaraan seperti menerima tamu negara. Istana ini memiliki koleksi seni yang tiada tara, lukisan Basuki Abdullah, patung dari Swedia dan Polandia, Tengkorak Harimau dari Siam, Lukisan Russia. Istana yang berada satu kompleks dengan Kebun Raya Bogor memiliki populasi rusa yang sangat indah di tamannya.
Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Top5 - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis