Top5
Jasa Review

5 Manfaat Buah Cempedak

Cempedak
1. Buah Cempedak, buah yang katanya sangat baik untuk kesehatan mata dan dapat mengatasi tumor ini, memiliki rasa yang manis dan keharumannya seperti Buah Nangka, walaupun aromanya kerap kali menusuk kuat seperti buah Durian.

2. Buah Cempedak lebih dikenal oleh masyarakat sebagai cempedak atau campedak, buah ini memiliki nama lokal: bangkong (Cempedak hutan/bentuk liar, Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa), tiwadak (Banjar) dan lain-lain.

3. Manfaat buah cempedak diantaranya untuk dikonsumsi sebagai makanan olahan dan digunakan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.

4. Daging buah biasanya dimakan dalam keadaan segar. Namun, ada pula yang menggorengnya seperti pisang atau mengolahnya menjadi kolak dengan menambahkan santan dan gula. Buah ini enak bila sudah matang.

5. Kulit cempedak juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, yang dikenal dengan nama mandai. Sebelum diolah, masyarakat setempat mengupas bagian luar kulit sehingga tampak putih, kemudian membersihkannya. Setelah itu kulit direndam lebih dulu di dalam air garam selama 2-3 hari, hingga menjadi lunak dan mengalami fermentasi, baru kemudian digoreng. Mandai goreng ini menyerupai pisang goreng, meski ketika digigit rasanya seperti menggigit guratan daging, sehingga menciptakan cita rasa gurih yang khas.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved