Top5
Jasa Review

5 Manfaat Gingseng Bagi Kesehatan

Gingseng
Ginseng merupakan herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan Tiongkok yang memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan. Namun, saat ini gingseng tidak saja terkenal di daerah timur, akan tetapi khasiat Gingseng telah meluncur dengan tinggi di negara barat.

Gingseng merupakan jenis obat alami dan sangat dianjurkan untuk digunakan untuk menjaga kestabilan dan kesehatan tubuh. gingseng terdapat dalam berbagai jenis, seperti gingseng India, Siberia, Asia, Brasil, dan Amerika. Berikut 5 Manfaat Gingseng Bagi Kesehatan versi Top5 By: Ibrahim Lubis, MA.


1. Obat Diabetes dan Mengurangi Kelelahan
Tingkat gula darah dapat turun secara drastis dengan mengkonsumsi ginseng. Namun, jika Anda sudah menggunakan obat antidiabetes, perlu mempertimbangkan kembali untuk menggunakan ginseng secara serentak. Pasalnya, mencampur ginseng dengan obat diabetes bisa membuat kadar gula darah terlalu rendah. Oleh karena itu, sangat diperlukan saran dari dokter. Hebat adaptogenik dari berbagai strain Ginseng dipercaya dapat memberikan perubahan fisiologis pada tubuh untuk beradaptasi dengan rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan.

2. Mengurangi Tingkat stres mental
Ginseng mampu meningkatkan kewaspadaan mental, disamping juga mengubah mood dan menghilangkan rasa lelah. Manfaat lain adalah sebagai ramuan antidepresan dan anti-kecemasan. Ketika seseorang mengalami stres yang berlebihan, hormon adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan mengalir keluar dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam situasi ini, ginseng dapat membantu Anda dalam menyeimbangkan tingkat adrenalin.

3. Merangsang sistem kekebalan dan saraf
Sejumlah pakar obat herbal mengatakan ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup. Sifat adaptogenik pada ginseng membantu merangsang orang tetap muda. Sedangkan pada orang tua, dapat memulihkan sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ginseng juga dapat membantu Anda melawan flu dan penyakit infeksi lainnya.

4. Mencegah Pergerakan kanker dan Menurunkan kadar kolesterol
Pertumbuhan jenis tertentu dari sel-sel kanker dapat dihambat oleh Ginseng. Chinese Medicine Journal melaporkan, ginsenosides memiliki efek anti-tumor dan dapat menginduksi kerusakan sel pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel paru-paru adenokarsinoma, dan sel-sel neuroblastoma. Selain itu, ginseng juga berfungsi dalam menghambat perkembangan siklus sel, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Dalam beberapa penelitian, Ginseng ditemukan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Para ilmuwan percaya bahwa ginsenocides yang terdapat dalam ginseng bertanggung jawab terhadap penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Meningkatkan daya tahan Bagi Para Atlet
Kualitas ginseng dalam meningkatkan stamina telah membuatnya menjadi tonik perangsang populer di kalangan atlet. Selama berlatih, seorang atlet harus secara konsisiten menjaga stamina agar tetap tinggi, dan ginseng dapat membantu untuk mewujudkannya.


Keterangan penting!
Penggunaan ginseng tidak disarankan terutama pada ibu hamil dan menyusui, untuk mencegah terjadinya kontraindikasi. Selain itu, ginseng juga dapat mempengaruhi reaksi dari beberapa obat, seperti, pengencer darah seperti warfarin, heparin, aspirin, dan diuretik.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved