Top5
Jasa Review

5 Tips Mengatasi Susah Tidur

Susah Tidur
Memang susah jika kita mengalami gangguan susah tidur, apalagi malam hari. banyak orang yang gelisah dan tidak bisa tidur karena mengalami sedikit gangguan untuk tidur. namun jangan khawatir, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satu diantaranya adalah 5 Tips Mengatasi Susah Tidur yang akan saya paparkan. Berikut 5 Tips Mengatasi Susah Tidur versi Top5

1. Temukan kedamaian dan ketenangan pada saat menjelang waktu tidur
Untuk bisa tidur cepat dan nyenyak sepanjang malam, ternyata tubuh memerlukan persiapan. Bagaimana bisa tidur enak kalau tubuh dan pikiran tidak dipersiapkan untuk itu? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan suasana damai dan tenang. Tinggalkan masalah yang membebani Anda hari itu. Ringankan pikiran dan tubuh dengan aktivitas yang menyenangkan. Jika suasana tidak enak atau tetangga berisik, cobalah anda keluar kamara dan mencari tempat paling nyaman untuk duduk. Tenangkan hati dan pikiran agar tidak terganggu oleh keadaan itu. Anda juga bisa mencoba membaca untuk rileks.

2. Jangan mencemaskan soal tidur
Mencemaskan soal tidur sama sekali tidak produktif bahkan hanya menghasilkan lebih banyak stres, kegelisahan dan insomnia.

3. Jangan paksakan diri untuk tidur
Banyak orang suka memaksakan diri supaya bisa tidur karena keesokan harinya akan melakukan sesuatu yang penting. "Saya harus tidur, saya harus tidur," kalimat yang diucapkan berkali-kali di dalam hati itu bukannya membuat mengantuk dan tertidur. Semakin keras dia berusaha, malah makin sulit. Cobalah untuk melakukan saran nomor 1: rileks!

4. Jangan terobsesi tentang mimpi
Mimpi memang kontroversial. Ada ilmuwan menganggap mimpi merupakan ungkapan bawah sadar. Yang lain hanya menganggap mimpi sebagai pikiran acak yang masuk ke dalam otak dan tidak memiliki arti. Karena itu, mengenalisis arti mimpi sama sekali tidak ada gunanya. Yang jelas, mengalami mimpi dan bisa mengingat merupakan pertanda tidur kita tidak nyenyak.

5. Berlatihlah olahraga lebih awal
Olahraga memamg perlu tapi jika itu dilakukan dekat-dekat waktu tidur akan membuat Anda tidak bisa beristirahat dengan enak. Olahraga bukan hanya membuat kita merasa lelah, tapi organ-organ tubuh seperti otak,jantung dan lain-lain akan terstimulasi menjadi aktif, sehingga membutuhkan waktu untuk pendinginan. Lakukan latihan lebih awal, kalau bisa pagi hari, 30-45 menit 3-4 kali seminggu.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved