Top5
Jasa Review

5 Penyebab Penyakit Asam Urat

Asam urat adalah jenis penyakit yang umum dialami banyak orang, pola hidup yang tidak sehat serta tingkat peduli terhadap kesehatan yang rendah menjadi pemicu terjadinya berbagai penyakit termasuk Asam urat. Oleh karena itu, penting rasanya untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan Asam urat terjadi dan mengganggu kesehatan tubuh. Berikut ini akan dipaparkan mengenai 5 Penyebab Penyakit Asam Urat versi Top5.

Asam Urat

1. Kristal asam urat
Asam urat yang sudah mengkristal merupakan penyebab dan menimbulkan resiko tinggi pada penderitanya, tidak saja rasa sakit yang dialami, tetapi hal itu juga bisa berdampak buruk pada fungsi ginjal yang tidak mampu membuang kelebihan kandungan asam urat.

2. Asam urat Primer
Penyebab asam urat primer terjadi karena adanya faktor dalam tubuh seseorang yang tidak diketahui pasti, terkadang hal itu diduga datang dari faktor genetik, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh serta gangguan proses pengeluaran asam urat karena ginjal bermasalah.

3. Zat Purin yang tinggi
Penyebab terjadinya asam urat ditandai dengan kandungan purin yang terlalu tinggi dalam tubuh. Purin merupakan senyawa basa organik yang berfungsi untuk menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Purin juga diklasifikasikan sebagai persatuan dari asam amino sebuah asam pembentuk protein. Zat purin terdapat disetiap sel-sel tubuh dan hampir ada disetiap makanan.

4. Faktor Eksternal dan Pola Hidup yang tidak sehat
Peningkatan produksi asam urat juga bisa terjadi karena faktor eksternal, faktor tersebut data melalui akibat obat-obatan, obesitas, hipertensi, hiperlipidemia dan diabetes mellitus. Pola hidup yan gtidak sehat bukan saja penyebab datangnya penyakit asam urat, akan tetapi semua penyakit juga bisa muncul karena pola hidup yang tidak sehat.

5. Dalam tubuh dan Asam urat Sekunder
Produksi asam urat yang meningkat tinggi juga menjadi penyebabnya, hal itu bisa berasal dari penyakit sumsum tulang, polisitemia, obat-obatan, alkohol, obesitas, penyakit kulit dan masih banyak lagi yang lain. Penyebab timbulnya asam urat yang berasal dari dalam tubuh tentu akan mengganggu proses kerja yang berkaitan dengan asam urat seperti ginjal, asam dan basa tubuh serta yang lain.

Terjadinya asam urat sekunder ini disebabkan dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa asupan makanan yang terlalu tinggi kandungan purinnya adalah penyebab utama asam urat sekunder ini.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved