Top5
Jasa Review

5 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Mata adalah panca indera yang sangat penting untuk dijaga dan dirawat dengan baik, sebab jika kesehatan mata mengalami gangguan, tentu akan membuat anda menderita dan mengeluh. Keindahan alam dan lingkungan tentu bisa anda rasakan jika melihatnya, namun bagaimana jikalau mata anda mengalami gangguan seperti mata katarak, kabur dan lain sebagainya, tentu anda akan rugi dan menyesal tidak semaksimal mungkin menjaga mata anda dengan baik.

Banyak faktor yang memberi pengaruh signifikan membuat mata rusak, diantaranya seperti faktor polusi, mata lelah, radiasi monitor, kurang tidur, debu dan laun sebagainya. Oleh karena itulah perlu anda syukuri karena mata anda masih berfungsi dengan baik, agar mata tetap sehat dan berfungsi secara baik, sebaiknya anda harus maksimal menjaganya. Berikut penjelasan 5 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat versi Top5.

Cara-Mata-Sehat

1. Cek mata
Lakukan pemeriksaan terhadap mata anda jika mengalami gangguan, hal ini berguna untuk mencegah serta mengobati terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Hindari membaca sambil tidur
Membaca sambil tidur memang enak, namun perlu anda ketahui bahwa membaca sambil tidur dapat menyebabkan mata anda akan rusak. Untuk membaca sebaiknya anda membaca dalam posisi duduk dengan jarak minimal 30 cm.

3. Hindari menonton dengan jarak yang dekat
Jika anda dan keluarga anda ingin menonton televisi, bermain komputer atau laptop, maka usahakan untuk mengatur jaraknya, hal tersebut berguna untuk menghindarkan radiasi monitor yang bisa merusak sistem syaraf mata anda. Usahakan jarak ketika berhadapan dengan monitor/LCD sejauh 90cm atau lebih.

4. Konsumsi buah dan sayuran untuk mata
Untuk menjaga mata agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, maka konsumsilah setiap hari atau setidaknya seminggu 2 kali buah-buahan dan sayur yang mengandung zat/vitamin yang baik untuk mata, buah dan sayur yang dapat anda konsumsi seperti wortel, alpukat, rimbang dan lain sebagainya.

5. Lindungi mata dan Jangan terlalu lelah
Lindungi mata anda ketika berhadapan dengan udara/debu atau sinar ultra violet, anda dapat menggunakan pelindung mata seperti kaca mata atau lainnya.

Ketika mata telah lelah karena sudah seharian mata kita bekerja (membaca, melihat, terkena debu, di kucek, dll) sudah selayaknya mata kita beristirahat meskipun hanya sejenak. Jangan paksakan mata yang sudah terlalu lelah karena dapat menyebankan kepala neters sakit dan akhirnya syaraf-syaraf mata menjadi rusak.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved