Top5
Jasa Review

5 Dosa yang Wajib Dihindari

Dosa merupakan kesalahan-kesalahan atas pelanggaran kita tentang aturan-aturan Tuhan, kesalahan tersebut merupakan bentuk keberanian kita melawan Tuhan yang Maha Esa, maka dari kesalahan tersebut melahirkan dosa yang bila tidak diobati dengan taubat, maka akan menjerumuskan kita ke dalam neraka. Secara sengaja atau tidak sengaja, kita tetap melakukan kesalahan dan bisa mengakibatkan dosa, namun ada dosa-dosa yang sangat-sangat harus dihindari dan jangan sampai kita lakukan. Apa sih dosa-dosa tersebut? Berikut:

5 Dosa yang Wajib Dihindari versi Top5
By: Ibrahim Lubis, MA

1. Dosa Syirik
Syirik
Syirik merupakan dosa nomor satu yang wajib kita hindari, sebab syirik merupakan perbuatan berani yang telah menduakan Allah swt. Jangankan Allah swt, kita saja jika diduakan akan marah besar, apalagi Allah swt yang memang Tuhan yang satu-satunya berhak disembah tanpa terkecuali.

2. Dosa Durhaka Terhadap Orang Tua
Durhaka Terhadap Orang Tua
Mengapa Durhaka Terhadap Orang Tua termasuk dalam kategori dosa yang amat besar? Jawabnya adalah wajar. Kenapa? Karena tanpa orang tua bagaimana kita bisa hidup, berkembang dan tumbuh besar. Perjuangan orang tua dalam merawat, menjaga dan membesarkan kita, tidak dapat dibalas dengan apapun kecuali dengan berbakti kepada mereka.

3. Dosa Memutuskan Tali Silaturahim
Memutuskan Tali Silaturahim
Bisakah kita hidup sendirian di dunia ini? Bisakah kita membangun rumah kita sendiri? Tentu jawabnya tidak. Maka orang yang memutuskan tali silaturahim terhadap saudaranya, telah melakukan dosa yang amat besar, bahkan jika mereka tidak saling memaafkan, maka amal ibadah yang mereka peroleh akan ditangguhkan bahkan tidak akan diberi oleh Allah swt.

4. Dosa Meninggalkan Shalat
Meninggalkan Shalat
Shalat merupakan ibadah magdhah yang sangat diutamakan dan hukumnya wajib. Shalat merupakan ritual umat Islam untuk berjumpa dan menghadiri panggilan Allah swt dalam 5 kali sehari semalam melalui suara muadzin. Oleh karena itulah, siapa yang sengaja meninggalkannya berarti dia enggan untuk berjumpa dan menghadiri panggilan dari Allah swt.

5. Dosa Fitnah dan Ghibah
Fitnah dan Ghibah
Fitnah merupakan perkataan yang menuduh, menceritai, menggosip yang tidak sesuai dengan fakta. Jelas saja ini dosa yang amat besar yang harus dihindari. sebab jika hal itu terjadi,maka orang yang difitnah akan sangat kecewa dan bisa minimbulkan prasangka banyak orang tentang dirinya. Sedangkan Ghibah merupakan penyebaran Aib seseorang dengan fakta yang benar, walaupun benar tetap saja ini dilarang.


Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurang saya mohon diberi kemaafan dan kritik yang membangun dari komentar atau kiriman email. Semoga artikel ini memberikan penyadaran tersendiri kepada kita, apakah kita termasuk orang yang telah atau masih melakukan dosa-dosa yang saya paparkan di atas, jika iya, maka segera bertaubat dan jika tidak, maka berhati-hatilah dan usahakan untuk menghindarinya.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved