Top5
Jasa Review

5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

7 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan
Bawang putih adalah salah satu bahan bumbu utama di Indonesia. Hampir setiap masakan menggunakan bumbu ini. Namun, mayoritas penduduk Indonesia tidak mengetahui manfaat kesehatan yang luar biasa dari bawang putih ini. Bagus untuk menjaga kesehatan dan juga sebagai obat berbagai penyakit. Berikut ini 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan versi Top5 berdasarkan penelitian.


1. Pilek
Salah satu penyakit yang paling umum yang dapat diobati dengan bawang putih adalah pilek. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, memberikan sistem pertahanan tubuh dan membantu mempertahanan tingkat antioksidan tubuh. Hal ini memperkuat sistem kekebalan tubuh yang membantu dalam mendukung untuk kondisi kesehatan yang terkait lainnya.

2. Kanker
Penelitian bertahun-tahun telah dilakukan untuk mengetahui efek bawang putih pada kanker. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang sehat diperlukan untuk melawan kanker dan telah diyakini bahwa bawang putih mendukung sistem tersebut. Penelitian telah dilakukan pada populasi dan pada hewan, serta dalam tabung uji. Hasilnya adalah bawang putih memiliki kemampuan untuk mengurangi pembentukan sel-sel kanker. Bawang putih benar-benar dapat memblokir senyawa pembentukan kanker dan memperlambat pertumbuhan sel tumor. Bawang putih sangat membantu dalam mencegah berbagai macam kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus dan kanker saluraan kemih.

Penelitian telah membuktikan bahwa senyawa dalam bawang putih tidak hanya memperlambat laju pertumbuhan tumor, tetapi juga dapat mengurangi ukuran tumor setengahnya. Pada penelitian efek bawang putih terhadap kanker payudara, senyawa ini benar-benar dapat mencegah karsinogen yang melekat pada sel-sel payudara. Nama senyawa yang menakjubkan ini adalah diallye disulphide and s-allycystein. Senyawa ini terbentuk ketika bawang putih dihancurkan. Di antara komponen sulfur bawang putih ada yang disebut ajoene, yang juga terkenal dengan kemampuan “antitumor”.

3. Penyakit Jantung
Sama seperti banyak faktor yang menyebabkan penyakit jantung, maka juga banyak manfaat bawang putih yang membantu dalam mencegah dan mengobati penyakit jantung. Jadi bagaimana bawang putih membantu menjaga jantung? Pertama, bawang putih membantu kadar kolesterol dengan cara meningkatkan HDL (baik) kadar kolesterol dan mencegah penyumbatan LDL (jahat) kolesterol pada dinding arteri. Ini akan mengurangi kemungkinan pembentukan plak di arteri kita. Hal ini juga telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 9% pada orang yang makan 2 siung bawang putih per hari.

Studi terbaru juga menunjukkan bawang putih untuk melindungi aorta. Aorta adalah pembuluh darah jantung yang mengatur tekanan dan aliran darah ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Usia, pola makan yang buruk dan faktor lingkungan seperti merokok dapat merusak aorta, menyebabkan aorta menjadi kaku. Studi juga menunjukkan bahwa konsumsi rutin bawang putih memperlambat penuaan aorta dan membantu tetap fleksibel.

4. Hipertensi
Manfaat lain jantung dari bawang putih adalah kemampuannya untuk membantu mengontrol tekanan darah. Sekali lagi senyawa dalam bawang putih yang disebut ajoene, membantu mengencerkan darah dan menjaga dari penggumpalan. Penelitian dilakukan dengan populasi umum telah menunjukkan bahwa ditempat yang memiliki tingkat konsumsi bawang putih tinggi, jarang ada kejadian hipertensi dan penyakit jantung. Meskipun manfaat sehat bawang putih mungkin baru bagi sebagian orang, selama berabad-abad herbalis Cina telah menggunakan bawang putih untuk mengobati orang dengan serangan angina pectoris dan gangguan peredaran darah.

5. Infeksi dan Impotensi
Sejak 1858 bawang putih juga telah dikenal sebagai anti-bakteri. Pada saat ini Louis Pasteur menemukan bahwa sel-sel bakteri mati ketika bercampur dengan bawang putih. Bawang putih dikenal tidak hanya kemampuan anti-bakteri tetapi anti-virus dan anti-jamur juga. Hal ini efektif terhadap parasit usus, infeksi jamur dan pertumbuhan candida albicans yang diperlambat oleh bawang putih. Bawang putih dapat membantu dengan merangsang T-sel yang membantu melawan infeksi.
Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Top5 - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis