Top5
Jasa Review

5 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Pisang
Manfaat buah pisang bagi kesehatan sangat banyak sekali, itulah salah satu alasan mengapa Anda harus mengkonsumsi buah ini.

Dibalik rasanya yang nikmat dan harganya yang cukup terjangkau, ternyata pisang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Buah ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting seperti kalium, kalsium, zink, magnesium, fosfor dan vitamin, yaitu C, B kompleks, dan B6.

Karena kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan beragam maka akan ada banyak sekali manfaat bila mengkonsumsi buah yang satu ini. Berikut adalah tujuh manfaat pisang yang perlu anda ketahui. Adapun penjelasan 5 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan versi Top5 adalah:

1. Kesehatan Saluran Pencernaan
Kandungan serat yang dimiliki pisang dapat membantu mengatur sistem pencernaan tubuh serta mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Kandungan pektin pada buah pisang mampu mencegah sembelit. Berdasarkan hasil penelitian, rutin makan pisang dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker lambung.

2. Baik Untuk Ginjal
Adanya kandungan potasium yang terdapat pada pisang memiliki efek samping yang baik bagi kesehatan ginjal. Disaat tubuh mendapatkan cukup asupan potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin dengan baik. Kondisi ini akan membuat ginjal berfungsi secara optimal dan juga dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

3. Kesehatan Tulang
Fructooligosaccharide adalah salah satu prebiotik baik yang dimiliki oleh buah pisang yang memungkinkan tubuh kita untuk menyerap nutrisi secara lebih mudah dan maksimal. Dengan terserapnya kalsium secara maksimal, akan membuat tulang Anda menjadi sehat dan kuat. Bahkan mampu mencegah osteoporosis.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat buah pisang berikutnya adalah menetralkan tekanan darah tinggi. Kadar kalium yang cukup tinggi dari buah pisang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi serta stroke. Itulah alasan mengapa para dokter sering menganjurkan pasien penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk mengkonsumsi lebih banyak pisang.

5. Penambah Energi dan  Kesehatan Mata
Saat memakan pisang kita akan lebih cepat kenyang, hal ini dikarenakan pisang kaya akan kandungan karbohidrat sehat. Karbohidrat inilah yang dapat menampah energi bagi tubuh kita. Dengan mengkonsuimsi setidaknya tiga buah pisang setiap hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan karena usia senja atau biasa disebut degenerasi makula.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved