Top5
Jasa Review

5 Pengertian Domain (dot com, dot net, dot org, dll)

Secara umum Hosting dapat dipahami sebagai sebuah Rumah atau tempat penyimpanan, sedangkan domain adalah alamat rumah atau alamat penyimpanan tersebut. Nah,..Jika hosting adalah Rumah (tempat peyimpanan) dan Domain alamatnya (penyimpanan), maka Pengertian Domain (dot com, dot net, dot org, dll) adalah Identitas/klasifikasi Rumah tersebut apakah itu sebuah lembaga, organisasi, sekolah, pemerintahan atau yang lainnya.

Mengetahui dan mengenal secara rinci mengenai ekstensi Domain tentu akan mempermudah kita untuk mengklasifikasi dan menyesuaikan tema blog/website yang akan kita buat, walaupun tidak ada ketentuan yan gmengharuskannya, namun setidaknya ekstensi domain yang kita pilih akan menjadi gambaran besar mengenai spesfikasi blog/website yang dikelola. Berikut akan saya jelaskan secara detail tentang:

5 Pengertian Domain (dot com, dot net, dot org, dll) versi Top5
com-co.id-net-org-web

1. COM
Singkatan dari Commersial yang artinya Komersil. Ekstensi domain ini diperuntukkan bisnis secara umum baik pada blog/website perusahaan atau pribadi.

2. NET
Singkatan dari Network/Networking dan artinya Jaringan. Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan, perusahaan komputer, IT dan layanan-layanan internet sejenisnya. Akan tetapi umumnya penggunaan domain ini juga biasa digunakan untuk apa saja seperti domain dot com, hal itu karena tidak ada persyaratan khusus saat pendaftarannya. 

3. ORG
Org merupakan Singkatan dari Organization (organisasi). Ekstensi ini sangat tepat dan ditujukan untuk blog/website Organisasi, lembaga tertentu atau perkumpulan-perkumpulan. Domain ini juga tidak memiliki syarat khusus untuk mendapatkannya.

4. BIZ
Biz merupakan Singkatan dari Business (bisnis, usaha). Walaupun BIZ bisa digunakan untuk jenis blog/website apa saja, namun, Ekstensi ini sering dan lebih tepat digunakan untuk usaha/bisnis, lembaga usaha, toko online dan lainnya yang terkait. Ekstensi domain ini sebenarnya hampir sama tujuannya dengan .com dan .net yang bisa dijadikan alternatif jika domain tersebut sudah ada yang punya.

5. INFO
Info merupakan singkatan dari Information atau Informasi. Domain jenis ini bisa digunakan untuk blog/website apa saja termasuk blog pribadi. Akan tetapi ekstensi domain Info lebih tepat dipakai pada blog/website yang bersifat informasi seperti Kesehatan, Lalu lintas, Sejarah dan yang lain. Menggunakan domain ini tidak memiliki persyaratan khusus untuk mendapatkannya.


Demikian informasi tentang 5 Pengertian Domain (dot com, dot net, dot org, dll), sebenarnya masih banyak lagi ekstensi domain-domain, namun mengetahui apa saya jelaskan di atas sudah menjadi tambahan wawasan kita tentang pengertian dan arah tujuan domain yang hendak kita pilih.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved