Top5
Jasa Review

5 Tips Atasi Mata Tegang Sebab Komputer

5 Tips Atasi Mata Tegang Sebab Komputer~Mata tegang merupakan gejala umum yang bisa dialami orang ketika fokus bermain komputer. Mata tegang atau Eye starin diartikan sebagai kondisi terjadinya ketegangan otot yang mengontrol mata. Jenis gangguan ini diakibatkan oleh berbagai hal dan satu diantaranya adalah karena penggunaan komputer yang terlalu lama. Selain itu, mata tengang juga bisa terjadi akibat menonton televisi, lama membaca dan lain sebagainya. Gejala yang sering ditimbulkan jika terlalu lama mata dibiarkan beraktivitas di depan layar komputer, maka hal itu akan menimbulkan mata anda tegang dengan gejala:

1. Sakit kepala
2. Mata berair, lelah dan gatal
3. Fokus penglihatan berkurang
4. Mata menjadi kering
5. Penglihatan kabur dan berganda
6. Penglihatan menjadi sensitiv jika bersentuhan dengan cahaya
7. Mata tidak nyaman melihat

Pada umumnya ketegangan mata dan gejala yang ditimbulkan karena komputer tidak begitu serius dan akan hilang jika mata di istirahat kan, namun kita perlu waspada untuk tidak terlalu lama di depan komputer, sebab jika hal itu dibiarkan secara terus menerus, tentu akan mengarah kepada tingkat yang lebih berbahaya dan bahkan mengarah pada tingkat permanen alias kabur atau buta. Untuk mengurangi resiko mata tegang dan rusak permanen, sebaiknya anda mengikuti tips yang akan saya jelaskan berikut ini tentang:

5 Tips Atasi Mata Tegang Sebab Komputer versi Top5
Mata-tegang-cara

1. Istirahatkan Mata secara berkala
Saat mata menunjukkan gejala seperti berair, lelah ditambah anda menguap, sebaiknya anda meng-istirahat-kan mata secara berkala, istirahat ini merupakan istirahat kecil yang bisa anda lakukan seperti mengalihkan pandangan, mengalihkan kosentrasi penglihatan dan bisa juga memejamkan sejenak mata anda.

2. Istirahat Total
Jika mata anda tidak bisa lagi mentoleransi dan bekerja maksimal ketika melihat, hal itu berarti mata anda ingin diistirahtkan secara total, maka jangan pernah paksa mata anda untuk tetap fokus di depan komputer, hal ini akan berakibat fatal jika hal tersebut tetap anda paksakan.

3. Kedipkan Mata Berulang kali
Jika anda di depan komputer dan mata harus fokus, maka untuk menjaganya dari ketegangan hendaknya anda melakukan kedipan mata yang berulang-ulang. Hal ini agar mata selalu berada pada tingkat refleksi yang tidak menimbulkan efek jenuh ketika melihat.

4. Cahaya yang cukup
Gunakan mata saat melihat dengan perpaduan cahaya yang cukup, hal ini berarti bahwa keadaan ruangan saat anda melihat komputer harus seimbang cahaya yang masuk dan keluar. Cahaya masuk berarti cahaya yang berasal dari ruangan dan cahaya yang keluar ada cahaya dari komputer.

5. Atur Cahaya Komputer
Sebaiknya tingkat pencahayaan komputer anda tidak terlalu tinggi, hal tersebut akan berdampak negatif untuk mata yang tidak sanggup menampung sinar radiasi yang ditimbulkan karena kontras yang begitu terang.

^^Demikianlah artikel tentang 5 Tips Atasi Mata Tegang Sebab Komputer, semoga bermanfaat dan terima kasih!.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved