Top5
Jasa Review

5 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Bawang Merah
5 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan~Bawang merah memiliki nama latin Allium Cepa L dan termasuk ke dalam kelompok Aggregatum. Bawang merah, bersama saudaranya bawang ptuih dan bawang bombai merupakan bumbu bagi masakan baik di asia tenggara maupun dunia. Orang jawa menyebut bawang merah dengan sebutan brambang. Tanaman ini diduga kuat berasal dari Asia tengah dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Manfaat bawang merah paling banyak ditemui pada masakan. Entah itu sebagai bumbu ataupun sebagai penyedap rasa. Biasanya orang menggunakan umbi bawang merah yang telang diiris tipis serta digoreng dan ditaburkan pada masakan seperti soto, sop, dan lain sebagainya. Selain itu, daun bawang merah juga sering digunakan untuk taburan guna menambah rasa masakan.
foto:pixabay

Di dalam bawang merah, terkandung beberapa nutrisi seperti kalium, serat, asam folat serta vitamin C. bukan hanya itu saja, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi serta zat pengatur tubuh alami berupa hormon auksin dan gibrelin. dengan melihat kandungan bawang merah tersebut, tentu bawang merah juga tidak kalah berkhasiat jika dibandingkan dengan saudaranya bawang putih. merdeka.com telah menyebutkan beberapa manfaat bawang merah sebagai berikut.

1. Mencegah kanker
Khasiat yang pertama dari bawang merah adalah mencegah penyakit kanker. Bawang merah mampu mencegah kanker karena di dalam bawang merah terkandung quercetin yang berfungsi efektif untuk memerangi radikal bebas. Dengan mengkonsumsi bawang merah hal ini dapat mengurangi resiko kanker perut hingga 50 %.

2. Menguatkan sistem imun
Quercetin, selain mampu mencegah kanker ternyata juga mampu melawan bakteri serta jamur penyebab peradangan (inflamasi). Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi bawang merah anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Mencegah diabetes
Selin dua manfaat di atas, bawang merah dapat dimanfaatkan untuk mencegah terkena penyakit diabetes. Zat mineral yang berada di dalam bawang merah membuat bawang merah mampu mencegah penyakit tersebut. Zat tersebut adalah kromiun dan sangat efektif guna mengurangi resiko resistensi insulin, serta mampu mengontrol kadar gula dalam darah anda sehingga anda terhindar dari penyakit diabetes.

4. Menguatkan jantung
Kromium ternyata juga mampu menguatkan jantung anda. Selain mencegah diabetes, kromium yang terkandung di dalam bawang merah ternyata mampu menguatkan jantung sehingga terhindar dari penyakit jantung yang menjadi komplikasi penyakit diabetes.

5. Menurunkan berat badan
Anda sedang bermasalah dengan berat badan anda? Lalu anda ingin menurunkan berat badan anda? Jika hanya dengan berolah raga saja, itu belum cukup untuk menurunkan berat badan anda. Anda harus mengimbangi dengan asupan nutrisi yang tepat sehingga membantu menurunkan berat badan anda. Salah satu nutrisi yang penting dalam menurunkan berat badan adalah kromium. Kromium banyak ditemukan didalam bawang merah. oleh karena itu, dengan mengkonsumsi bawang merah dapat membantu anda menurunkan berat badan anda.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved