Top5
Jasa Review

5 Khasiat Wortel Untuk Kesehatan

Wortel merupakan bahan makanan alami yang sering dikonsumsi dan bahan campuran pada masakan, tidak saja bermanfaat dari sisi makanan, ternyata wortel mempunyai manfaat besar untuk kesehatan tubuh kita, wortel dipercaya dapat memberikan beberapa efek positif bagi kita, lalu apa saja Manfaat Wortel Untuk kesehatan, berikut penjelasan: 5 Khasiat Wortel Untuk Kesehatan versi Top5.

Wortel

1. Mampu mencegah kanker
Wortel mempunyai kandungan yang besar pada beta karoten rata - rata 12.000 IU. Para ahli menganjurkan agar tubuh kita mempunyai zat karoten antara 15.000 - 25.000 IU perhari, hal tersebut karena kandungan beta karoten yang tinggi mampu mencegah penyakit kanker. Pencegahan tersebut karena adanya sifat antioksida yang mampu melawan kerja destruktif sel - sel kanker.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)
Wortel mempunyai Kandungan mineral berupa kalium, kandungan mineral ini berfungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu tekanan darah serta membantu menetralkan asam dalam darah. Cara penggunaan dan pemakaian wortel adalah:
  • Ambil 500 gram wortel lalu sampai cuci bersih
  • Potong-potong wortel dengan ukuran sedang
  • Tambahkan sedikit air kemudian haluskan dengan blender
  • Saring wortel kemudian minum, lakukanlah ini secara rutin 3 kali sehari
3. Mencegah rabun senja dan Memperbaiki penglihatan
Pada wortel yang mengandung karoten ternyata sangat baik untuk mata, wortel terbukti dapat mencegah rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang sudah mulai melemah.

4. Memperbaiki sistem pencernaan
Warna kuning pada wortel mempunyai kandungan karoten yang bisa memperbaiki sistem pencernaan tubuh, mengkonsumsi wortel setiap hari dengan cara membuatnya sebagai jus adalah langkah efektif guna mencegah gangguan pencernaan serta memperbaikinya. Selain itu jur wortel juga dipercaya dapat membersihkan efek penyakit liver karena adanya kandungan vitamin A yang mampu mengurangi empedu dan lemak di dalam liver tersebut.

5. Menurunkan kolesterol darah dan serangan jantung
Pada wortel juga terkandung pectin yang sangat baik menurunkan kadar kolesterol tinggi, serat tinggi pada wortel juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Selain itu kandungan kalium dalam wortel juga berfungsi menetralkan asam dalam darah dan kandungan vitamin A juga berfungsi membantu hati bekerja menghilangkan toksin didalam tubuh. Bukti penelitian memaparkan bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi wortel akan mempunyai resiko kecil terkena kanker paru-paru walaupun mereka aktif merokok, penurunan resiko ini telah disurvey sebesar 11 % pada tahun 1979 di scotlandia dengan mengkonsumsi wortel mentah sebanyak 7 ons setiap hari.

Mengkonsumsi wortel selama 3 minggu, dapat menurunkan resiko serangan jantung sekitar 22%. Selain itu, Mengkonsumsi wortel paling sedikit 5 kali seminggu dapat menurunkan resiko terkena stroke sebesar 68%. Bagi yang sudah terlanjur terkena stroke, vitamin A pada wortel dapat mencegah cacat pasca stroke. Dalam 100 gram wortel diketahui mengandung 12.000 S.I vitamin A.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved