Top5
Jasa Review

5 Cara Menyehatkan Organ Pencernaan

Jangan pernah abaikan nasehat “Makan dan minumlah untuk sepertiga air, makanan dan udara”, karena ini bukanlah sekadar kalimat bijak. Hal ini karena kalimat tersebut berhubungan dengan kesehatan organ pencernaan. Hasrat untuk mengenyangkan perut belum tentu berbanding lurus dengan kebutuhan sistem pencernaan.
Organ Pencernaan
Selain itu, pola makan atau pemilihan makanan yang tidak sesuai juga dapat mengganggu kesehatan organ pencernaan, sehingga sistem pencernaan pun dapat terganggu. Mengonsumsi makanan sehat dan menerapkan pola makan yang baik, dapat membantu menyehatkan organ tubuh terutama pada organ pencernaan. Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menyehatkan organ pencernaan adalah sebagai berikut pada 5 Cara Menyehatkan Organ Pencernaan versi Top5:

1. Makanan mentah dapat membantu diet anda
Meskipun diketahui bahwa makanan mentah berlawanan dengan intuisi, namun mengonsumsi buah, sayuran, dan kecambah mentah dapat membantu kerja sistem pencernaan jadi lebih mudah. Ini dikarenakan enzim yang terkandung pada makanan tersebut dapat membantu meningkatkan energi tubuh dan menyehatkan organ pencernaan.

2. Tahan sebentar Konsumsi Makanan Manis 
Jika anda mengonsumsi makanan penutup yang cenderung manis, maka tunggulah beberapa saat untuk melahapnya. Hal ini agar protein yang terkandung pada makanan kompleks seperti ikan, daging, maupun unggas tetap terjaga baik dan tidak dirusak oleh asupan gula.

3. Konsumsi Vitamin B dan Hindari makanan hidroklorida betaine 
Konsumsilah vitamin B kompleks atau makanan bernutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi asam klorida. Apabila rentan terhadap bisul, hindari makanan atau suplemen yang mengandung hidroklorida betaine.

4. Penuhi Enzim Pencernaan 
Penuhi kebutuhan enzim pencernaan spektrum penuh untuk membantu pencernaan, seperti lipase (untuk lemak), laktase, amilase (untuk pati), protease (untuk protein), selulase, invertase (untuk gula) dan hemicellulase (untuk serat).

5. Kunyah Makanan dengan Baik
Mengunyah makanan perlahan juga dapat membantu pencernaan karena berguna dalam meningkatkan produksi saliva atau cairan ludah, sehingga nutrisi dan vitamin yang keluar dan bercampur dengan saliva dapat membantu tubuh mendapatkan energi tambahan.
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved