Top5
Jasa Review

5 Sebab Batuk Berdahak dan Batuk Tidak Berdahak

Salah satu penyebab terjadinya batuk berdahak karena adanya peradangan atau inflamasi pada pernafasan. Tetapi peradangan pernafasan juga bisa memicu timbulnya batuk kering atau sering disebut dengan batuk tidak berdahak. Secara umum, batuk berdahak disebabkan adanya saluran pernafasan bagian atas yang bermasalah, sedangkan pada batuk tidak berdahak terjadi akibat adanya infeksi pada paru-paru.

Batuk-berdahak-kering
5 Sebab Batuk Berdahak dan Batuk Kering (Tidak Berdahak) merupakan penyakit yang amat mengganggu, sebab rutinitas batuk tidak bisa dihindarkan jika penyakit ini kambuh, maka dari itu kenali sedini mungkin apa saya penyebab terjadinya batuk berdahak dan tidak berdahak.


A. Penyebab Batuk Berdahak

1. Inflamasi (Peradangan) Pernafasan
Inflamasi atau peradangan pada pernafasan merupakan penyebab terjadinya batuk berdahak dan bisa juga menyebabkan batuk tidak berdahak, akan tetapi secara umum radang inflamasi ini sering menimbulkan batuk berdahak.

2. Asap Rokok, Kendaraan dan Polusi Udara
Batuk berdahak juga bisa timbul karena pengaruh luar seperti asap rokok, polusi udara dan asap kendaraan. Cara efektif menghindarinya adalah dengan menggunakan masker ketika saat dalam perjalanan.

3. Infeksi pada saluran pernafasan
Penyebab ketiga timbulnya batuk berdahak adalah ditandai dengan adanya infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri jahat dan virus.

4. Asam lambung naik
Meningkatnya asam lambung juga menjadi pemicu datangnya batuk berdahak, walaupun kasus yang seperti ini jarang muncul, namun asam lambung yang bermasalah juga bisa menyebabkan penyakit tersebut timbul. Jenis batuk ini merupakan gejala dari penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung sampai ke tenggorokan sehingga merangsang batuk.

5. Flu dan virus
Flu yang terlalu lama dan berlebihan merupakan penyebab timbulnya batuk berdahak yang sering terjadi pada penderitanya, anjuran bagi mereka yang sedang mengalami flu adalah dengan menjaga suhu tubuh untuk selalu hangat.

Flu yang terlalu lama dan tidak diobati bisa menimbulkan terjadinya virus, jika ini terjadi maka penderita akan mengalami flu yang berkepanjangan dan sering mengalami batuk berdahak. Batuk berdahak ini terjadi karena dipicu oleh lendir yang mengalir dari hidung ke bagian belakang tenggorokan.

B. Penyebab Batuk Kering tidak Berdahak

1. Penyakit Serius atau berbahaya
Batuk kering bisa juga disebabkan oleh penyakit yang amat berbahaya seperti radang paru-paru, kanker dan penyakit lainnya.

2. Infeksi pernafasan
Penderita infeksi saluran pernafasan biasanya akan mengalami batuk kering tidak berdahak. Batuk tidak berdahak ini akan berlangsung kurang lebih selama 2 minggu, maka dari itu, sebelum penyakit ini berlanjut, sebaikanya penderita segera memeriksakannya ke dokter spesialis.

3. Efek samping obat
Obat kimiawi ternyata mempunyai efek samping yang bisa menimbulkan berbagai gangguan termasuk batuk tidak berdahak (batuk kering).

4. Reaksi Alergi
Salah satu penyebab batuk kering yang karena adanya alergi, yang menyebabkan tenggorokan gatal mata memerah atau iritasi dan menyebabkan batuk kering. Untuk menghentikan batuk karena alergi, anda harus bisa menemukan penyebab alergi terlebih dahulu, agar anda bisa mengobati batuk kering

5. Alergi
Sering mengalami bersin juga merupakan gejala yang umum terjadi karena adanya rinitis alergi. Bersin pada rinitis alergi umunya ditandai dengan datangnya batuk kering. 
Advertisement AOS

Makalah Lainnya:

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Top5 - All Rights Reserved